SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PT DARMILK STUDI KASUS : PT DARMILK MERJOSARI KOTA MALANG

SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PT DARMILK
STUDI KASUS : PT DARMILK MERJOSARI KOTA MALANG
1.      Gambaran Perusahaan
Susu racek mbok dharmi merupakan bisnis minuman yang mulai banyak diminati oleh pelanggannya, meskipun kemunculannya bia dikatan baru tetapi produk minumannya sudah banyak peminatnya. Bisnis ini berpusat di Tulungagung dan sudah banyak membuka cabang, salah satunyadi Kota Malang sudah ada 8 outlet. Susu Racek Mbok Dharmi ini merupakan Home Industry, dan awal pendiriannya dimulai karna coba-coba dan akhhirnya membuahkan hasil hingga sampai saat ini. susu berasal dari susu kambing dan sapi asli dan diproses oleh tekhnologi mutakhir dari PT DARMILK dikelola oleh nyonya Sudarmi.
Outlet yang kita datangi yaitu outlet pusat yang ada di malang yang berlokasi kelurahan merjosari, jadi semua otlet yang berada di malang pengambilan bahan-bahannya di sana. Adapun pegawai yang ada di otlet tersebut ada 2 pegawai. Adapun Standar Operational Procedure (SOP) Penjaga Outlet Susu Racek Mbok Dharmi Cabang Malang :
a.       Prosedur Persiapan
Menjelaskan tentang tata terbib penjaga otlet sebelum menjalankan tugasnya serta memastikan semua sudah dipersiapkan dengan baik.
b.      Prosedur Pelayanan
Mejelaskan bagaimana pelayanan yang dilakukan oleh penjaga otlet kepada konsumen, serta mencatat semua pesanan di buku pesanan.Pelayanan penjaga tidak hanya harus baik tetapi harus bisa membuat nyaman konsumen tetapi juga harus ramah dan tersenyum.
c.       Prosedur Penggunaan Peralatan Outlet
Menjelaskan lebih kepada bagaiamna cara menggunakan perlatan yang ada serta membersihkan dan mengecek kelayakan alat yang dipakai agar ketika digunakan tidak mempengaruhi prodak .
d.      Prosedur Closing Outlet
Memperhatikan cara dan prosedur menutup outlet dan mengecek bahan bahan yang sudah habis serta mencatat pemasukan pada hari itu, dan
2.      Gambaran Bagian Perusahaan yang dipermasalahkan
Meliputi kendala-kendala yang dihadapi serta bagaimana cara mengendalikan kendala tersebut agar tidak terjadi resiko dan dampak negative yang akan ditimbulkan. Adapun kendala-kendala yang dihadapi :
a.       Konsumen
Objek dari suatu bisnis adalah konsumen dan sasaran konsumennya sebagian besar adalah mahasiswa, karna uang saku mahasiswa dirasa lebih banyak dari pada uang saku siswa atau siswi dan harga dari prodak tersebut juga tidak sesuai jjika ditujukan untuk anak sekolah, maka dari itu sasarannya mahasiswa dan masyarakat luas. Alasan konsumen menjadi kendala pada bisnis ini karena ketika konsumen(mahasiswa) libur kuliah secara tidak langsung pemasukan dari bisnis tersebut akan berkurang karna mahasiswa merupakan konsumen utama Susu racek ini.
b.      Ragulationts
Pegawai juga dapat mempengaruhi alur dari perusahaan tersebut  karna ketaatan, kepatuhan dari pegawai menjadi pengaruh ke perusahaan. Ketika ada pegawai yang melanggar aturan dan tidak sesuai dengan SOP maka yang akan menindaklanjuti yaitu seorang Manajer tindakan awalnya dengan cara ditegur dan diberikan motivasi agar ia tidak melakukan kesalahan yang sama dihari mendatang. Tetapi jika dengan cara tersebut tidak menghasilkan atau tidak dapat menjadi solusi maka manajer akan melaporkannya ke atasan perusahaan tersebut mungkin akan di kena sanksi atau hal lain.
c.       Produksi
Bahan baku yang dipakai oleh home industry ini di dapat dari pusat yang ada di Tulungagung seperti Cub, Varian rasa , tetapi untuk susunya tergantung otletnya masing-masing dan biasanya susu dibeli di tempat-tempat terdekat yang ada disekitarnya. Adapun keunggulan dari produk susu mbok darmi ini bahan-bahan yang dopakai masih original tanpa tambahan pemanis dan zat kimia dan iniyang menjadi keunggulan dari prodak susu mbok darmi.
3.      Pembahasan Kasus- Kasus
            Pada outlet tempat dimana kami melakukan observasi ini cabang yang ada di Malang, merupakan cabang yang masih dikarenakan aktiva dan pasiva masih kecil jadi kasus yang terjadi masih dikatakan jarang terjadi tidak seperti perusahaan besar yang sering terjadi seperti korupsi, penyelewengan dana dan lain-lain. Ketika terjadi kendala masih bisa ditangani oleh manajer dengan kebijakan yang ada disana.
4.      Kelemahan dan kelebihan
1.      Adapun kelemahan-kelemahan yang terjadi pada Susu racek mbok darmi ini antara lain :
a.       Laporan Keuangan
Laporan keuangan bisnis ini biasanya dilaporkan setiap bulan melalui Email ke Pusat tetapi untuk pencatatan transaksi yang terjadi setiap hari masih dilkukan secara manual dan dihawatirkan terjadi kesalahan pencatatan.
b.      Pembelian Bahan Baku
Bahan baku yang diperlukan outlet-outlet lain yang tersebar di area Malang masih kurang kreatif akibatnya menambah biaya dan kurang efktif.
c.       Strategis atau Tidaknya Outlet
Posisi outlet juga menentukan banyak atau sedikitnya konsumen yang datang, jika penempatan outlet kurang strategis dihawatirkan banyak konsumen yang kesulitan untuk membeli produk.
d.      Pemasaran
Pemasaran yang dilakukan masih kurang intens dan hanya berkecimpung diwilayah tersebut sehingga peminatnya hanya dari wilayah tersebut saja dan pemasaran secara digital masih jarang dilakukan meskipun sudah mempunyai akun-akun media social tetapi masih jarang disosialisasikan atau dipromosikan.
2.      Kelebihan
Adapun kelebihan yang ada pada bisnis susu racek ini :
a.       Produk
Produk yang ditawarkan bisa dijamin mutunya karna terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia dan lebih banyak farian rasa jadi konsumen lebih mudah untuk memilih rasa apa yang disukai, serta kemasan yang simpel tetapi jelas serta terdapat layanan service nya.
b.      Pemrosesan
Susu racek mbok darmi diproses dengan tekhnologi muthakhir dan higienis serta bersih oleh sebab itu dapat meminimalisirkan masuknya penyalit kedalam tubuh kita.
5.      Kesimpulan
 “Susu Racek Mbok Darmi” salah satu home industry yang mempunyai prodak susu racik,Susu yang memiliki berbagai kandungan bernutrisi dan berkhasiat menyembuhkan penyakit berasal dari susu kambing asli dan diproses oleh tekhnologi mutakhir dari PT DARMILK dikelola oleh nyonya Sudarmi, serta memiliki SPO yang bagus guna meningkatkan efektifitas bisnis, serta manajemen perusahaan yang meskipun dihendel oleh seorang manajer tetapi dapat memilimalisirkan resiko yang terjadi serta dampak atau kendala yang dihadapi.

















Dokumentasi Tim Observasi dengan manajer Susu Racek Mbok Darmi
Description: H:\WhatsApp\Media\WhatsApp Images\IMG-20151209-WA0003.jpg
Description: H:\WhatsApp\Media\WhatsApp Images\IMG-20151209-WA0015.jpg

Description: H:\WhatsApp\Media\WhatsApp Images\IMG-20151209-WA0000.jpg

Comments

Popular posts from this blog

NABI MUHAMMAD DAN PELETAKAB DASAR-DASAR PERADABAN ISLAM SEJARAH PERADABAN ISLAM (SPI)

Luqathah (barang temuan)

STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA DI LAZIZMU PDM KOTA MALANG Jl. Gajayana No. 28B, Ketawanggede, Kec.Lowokwaru,Kota Malang, Jawa Timur.